VIRUS DALAM JARINGAN KOMPUTER


PENGERTIAN VIRUS

Virus Komputer adalah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain sehingga dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

MACAM-MACAM VIRUS DALAM KOMPUTER

1. VIRUS TROJAN
Virus Trojan juga umumnya menyerang komputer yang terhubung dengan jaringan internet serta melalui email yang diterima pengguna. Virus yang satu ini mampu mencuri dan mengendalikan data yang ada di dalam komputer. Tujuannya untuk mendapatkan informasi dari target, seperti password dan sistem log.

2. VIRUS WORM
Menduplikatkan dirinya sendiri pada cakram keras. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu. umumnya ini menyebar melalui e-mail dan jaringan. 

3. FAT VIRUS (File Allocation Table)
FAT virus memiliki cara kerja yang sangat unik, yaitu dengan menyembunyikan beberapa file penting, seolah-olah file tersebut terhapus atau pun hilang karena sulit dicari dan ditemukan.

4. MEMORY RESIDENT VIRUS
Jenis virus komputer yang sengaja diciptakan untuk menginfeksi dan merusak memori RAM yang menyebabkan performa komputer lambat dan akan menginfeksi program-program komputer.

5. MULTIPARTITIE VIRUS
Virus multipartite biasanya menyerang sistem operasi pada program tertentu dan bersembunyi di dalam RAM dan hard disk. Bahkan terkadang beberapa aplikasi tidak akan bisa dibuka karena terserang virus ini. Untuk cara mengatasinya, defrag hard disk dan scan komputer dengan antivirus secara teratur.

6. WEB SCRIPTING VIRUS
Virus yang ditempatkan pada sebuah website. Ketika kita mengunjungi situs tersebut, maka segala sesuatu yang kita ketikan akan direkam dan disimpan oleh si virus, untuk keperluan tertentu. ketika hal ini terjadi, maka segala macam bentuk, seperti password, nomor kartu kredit, identitas, dan sebagainya sudah dicopy oleh script di dalam situs tersebut.

7. POLYMORPHIC VIRUS
Polymorphic Virus adalah virus yang memiliki kemampuan membuat enkripsi dan kata kunci yang berbeda-beda pada saat menginfeksi sebuah sistem atau program. Akibatnya, virus komputer ini akan mengunci suatu program atau sistem sehingga sistem atau program tersebut akan terkunci.

8.MACRO VIRUS
Macro virus menginfeksi file yang dibuat menggunakan aplikasi atau program tertentu yang berisi macro, seperti doc, Xls, Pps, Mdb, dll. Umumnya, virus macro sering kali datang melalui email yang kami terima. Jadi, agar terhindari dari virus macro, kamu dianjurkan untuk lebih waspada dan berusahalah sebaik mungkin untuk menghindari pesan asing yang masuk ke email. Jangan menekan link yang kamu dapatkan dari pengirim asing.

9. DIRECTORY VIRUS
Jenis virus yang menyerang dan menginfeksi file berekstensi .exe. Di mana, ia bekerja sdengan cara membuat file .exe tersebut hilang atau pun error ketika digunakan tanpa alasan yang jelas. Akibatnya, user akan menjalankan program palsu yang telah terinfeksi virus, dan bukan program asli.

10. SPYWARE
Jenis virus komputer yang bekerja untuk memantau komputer yang terinfeksi.

11. OVERWRITE VIRUS
Overwrite virus adalah jenis virus yang akan menghapus atau menghilangkan semua data dan informasi yang telah terinfeksi oleh virus komputer. Pada dasarnya virus komputer ini akan merubah dirinya seolah-olah dirinya adalah program tersebut padahal nyatanya bukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSI LAYER (OPEN SYSTEM INTERCONNECTION)

MACAM-MACAM PERANGKAT DALAM JARINGAN KOMPUTER